Jumat, 21 Februari 2014

PETERNAKAN KICK ! CHAPTER 1


   Peternakan kini jadi bagian dari hidup saya . Banyak yang bilang bahwa jadi peternak itu susah , kotor dan rawan rugi jasmani rohani dan finansial.

   Padahal kenyataannya ada banyak peternak yang memulai dari nol yang istilahnya sih zero to hero . Istilah tersebut menggambarkan perjuangan seseorang yang dari nothing menjadi something .

   Satu hal yang pasti dalam memulai didunia peternakan maupun bidang lainnya adalah " Coba , berani , patang menyerah dan usaha " . Hal serupa yang dikatakan oleh sosok berikut divideo ini chek it now :) .



" Meski tak punya back ground peternak yang kuat yang penting mencoba "

Beberapa masalah yang sering terjadi dalam usaha peternakan antara lain :
1. Pakan
2. Lahan kandang 
3. Kesehatan
4. Iklim 
5. Biaya
6. Bibit 

Untuk kesempatan kali ini kita akan membahas pakan terlibih dahulu . 

Pakan umumnya terdiri dari rumput / hujauan dan konsentrat ( protein 10 %)  . Namun perlu diketahui bahwa pakan sapi merupakan + 70 biaya oprasional dari usaha peternakan . Pemberian pakan ditujukan agar sapi bertambah gemuk . Pertambahan gemuk badan sapi umumnya 4 bulan  secara itensif. Agar pakan terus itensif maka diperlukan usaha agar pakan tetap ada . Salah satu cara agar pakan tetap ada dan mudah didapat adalah dengan menyediakan lahan khusus untuk pakan yang tidak jauh dari peternakan , selain jadi lebih mudah dalam mendapatkan pakan , adanya lahan tersebut dapat mengurangi kotoran sapi dan dapat menyuburkan tanah dengan cara membuat pupuk kandang, 

Lalu gimana sih kalo ditempat kita cuma ada kebun sawit sepanjang mata memandang ? . Padahalkan beternak perlu rumput  ? hemmm 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger

Sedang apa hari ini

Sedang apa hari ini
Kegitan sehari-hari

Translate